Minggu, 01 Februari 2009

PC Mini Nucleom AG80

Era prosesor Intel Atom agaknya telah dimulai. Jika sebelumnya merambah netbook atau UMPC, Atom kini juga diaplikasikan pada PC mini alias barebone seperti juga produk Nucleom AG80 dari Telebit ini. Telebit sendiri merupakan produsen dari Cina yang sebelumnya membuat komponen untuk PC dan jaringan. Produk Nucleom sendiri merupakan andalan baru mereka yang di Indonesia justru distribusinya dimulai dari Bandung.

Sebagai PC mini, Nucleom AG80 memang menyenangkan karena dimensinya yang cukup mungil—setidaknya untuk sebuah PC. Dimensinya sekitar 30,5x26 cm dengan tebal x6,5 cm dan bobot kurang dari 3kg; terasa mudah dipindahkan dan tak memakan banyak ruang. Untuk mainboardnya yang mungil, Nucleom memakai motherboard Intel tipe D945GCLF yang sudah mengintegrasikan chip grafis onboard-nya (GMA 950). Seperti halnya PC biasa, barebone ini menyediakan koneksi yang sama, bahkan juga ada port paralel dan serial (COM) untuk mendukung beberapa peranti yang memakai koneksi jenis lama tersebut.


Dengan mengandalkan PCU Intel Atom 230 berkecepatan 1,6GHz dan memori DDR2 1GB, spesifikasi Nucleom AG80 jelas tak jauh berbeda dengan beberapa netbook yang juga menempatkan komponen sejenis. Untungnya penggunakan harddisk SATA 3,5” 80GB memudahkan pengguna melakukan upgrade ke kapasitas yang lebih besar.


Sayangnya, casing yang mungil justru tak menyediakan ruang lagi untuk perangkat optik sehingga agak menyulitkan untuk membaca/menulis data yang disimpan dalam CD atau DVD. Dari karakteristik tersebut, terlihat bahwa Nucleom memang ditujukan untuk penggunaan aktivitas komputasi yang tidak terlalu berat.


Dari beberapa aplikasi benchmark terlihat bahwa kinerja Nucleom AG80 lebih layak untuk melakukan aktivitas office dan multimedia standar. Namun platform desktop yang digunakannya membuat barebone ini lebih cepat dari netbook dengan spesifikasi yang serupa. Untuk game juga tidak ada masalah selama bukan jenis 3D yang berat karena chip GMA 950 jelas tidak ideal. Sebagai catatan, Anda tidak bisa melakukan upgrade dengan kartu grafis mandiri.


***


Keberadaan PC mini seperti Nucleom AG80 memang menjadi alternatif PC yang kompak, ringan, dan irit tempat. Produk seperti ini akan cocok untuk pekerjaan seperti sekretaris, entry data, atau operator misalnya. Vendor juga telah mengemas Nucleom AG80 dengan sistem operasi Linux Ubuntu, termasuk juga aplikasi pelengkap seperti office, pengolah gambar, dan browser. Inilah salah satu produk yang tepat bila Anda mencari barebone ringan dengan teknologi terbaru.


Plus : Fisik ramping dan bobot ringan; menyediakan port paralel dan serial; bisa vertikal dan horisontal; RAM dan harddisk bisa di-upgrade; harga terjangkau.

Minus: Tanpa optical drive; kinerja grafis pas-pasan.


Hasil Pengujian


Karakter kinerja Intel Atom mungkin lebih sejajar ditandingkan dengan prosesor mobile setara dari VIA atau Celeron. Bisa dikatakan, kinerja Atom 1,6GHz setidaknya 2-2,5x lebih lamban dari Intel Dual Core E2180 2GHz. Nucleom AG80 memang untuk penggunaan biasa yang tak memerlukan olah data yang berat.