Sabtu, 31 Januari 2009

HP iPAQ 912 Business Messenger

Unit iPAQ 912 yang sekarang dipasarkan mengalami perubahan desain yang drastis dibanding unit yang diperlihatkan ke publik pertama kali. Entah kebetulan, garis-garis perak pada desain baru mengingatkan kami pada BlackBerry Bold yang belum lama ini hadir. Permukaan casing hitam memang mengilap, tapi jejak jemari agak tersamarkan aksen perak di sana-sini.

Pemasangan keyboard Qwerty jelas menunjukkan HP mengincar pemakai yang biasa menggunakan keyboard komputer. Tombol-tombol keyboard yang menonjol membuat kami yang berjempol besar tak gampang terpeleset memencet tombol. Selain navigasi 4-arah bertombol tengah, roda putar (jog dial) di kanan bodi sebelah atas juga bisa dipakai untuk memilih menu. Menu yang sudah dipilih tadi bisa langsung dibuka dengan menekan roda tersebut.


Tombol OK lainnya berada di kanan bawah navigasi. Tombol fungsi lainnya yang bisa kita temukan di area ini adalah tombol berlogo Windows yang akan membuka menu Start. Pintasan Calendar dan Messages memang menunjukkan fasilitas yang paling banyak digunakan para pemakai ponsel pintar, namun bagi kami belumlah menunjukkan citra kalangan bisnis sebagaimana terpampang pada namanya. Untungnya, jajaran tombol di baris kedua di bawah layar ini dapat diubah setting-nya. Selain keyboard Qwerty yang merupakan alat input utama, HP juga menyediakan layar sentuh. Namun dengan ukuran layar hanya sekitar 2,46 inci, ruang yang tersedia memang minim, seperti jika dibandingkan HTC Touch (2,8 inci) yang juga kami uji kali ini. Namun dari sisi konektivitas, HP menyediakan semua fasilitas penting yang dibutuhkan. iPaq 912 mendukung quad-band GSM dan dan tri-band HSDPA sehingga Anda bebas membawanya ke berbagai belahan bumi ini. Perangkat seharga US$ 549 ini juga menyediakan Bluetooth 2.0 dan WiFi untuk kemudahan memanfaatkan hotspot.

Peranti ini juga dilengkapi GPS buatan Qualcomm. HP pun menambahkan port GPS eksternal yang bisa dipakai untuk memakai asesori GPS tambahan. Kami tak melihat adanya peta GPS berbayar buatan pihak ketiga. Agaknya ini tergantung kebijakan HP di masing-masing negara. Tapi kami melihat ada Google Maps. GPS Position Accelerator lumayan membantu proses "penjemuran". Akurasi pun jadi lebih baik.

Kamera 3MP terbilang hebat untuk sebuah PDAphone; apalagi lengkap bersandingkan lampu kilat dan cermin. Tombol kamera di kanan bodi mudah dijangkau. Foto bisa diambil dengan resolusi maksimal 3M (2048x1536 pixel). Ada setting Capture Mode (Normal, Timer, Burst, Panorama Horizontal, Panorama Vertical) dan Photo Quality (Low, Normal, High) untuk pemotretan. Video (termasuk suara) hanya bisa direkam dalam format H.264 dan dengan resolusi maksimal QVGA (320x240 pixel). Setting lain yang tersedia untuk kamera adalah White Balance.

***

Mengandalkan prosesor ARM berkecepatan 416MHz, iPaq 912 terasa responsif dalam menjalankan berbagai aplikasi. Selain itu, baterenya hyga berukuran 1940 mAh; salah satu yang terbesar untuk ukuran PDA Phone. Ditambah fasilitas yang komplit, iPaq 912 Business Manager adalah perangkat yang serba-bisa. Harganya yang sekitar US$549 memang cukup tinggi, namun masih sekelas dengan PDAPhone sekelas.

Plus : Input via keypad dan layar sentuh; dilengkapi WiFi, GPS, dan HSDPA; kapasitas batere besar.

Minus: Ukuran layar minim.