Senin, 09 Februari 2009

Ponsel Jam WOW Touch

Seperti namanya, WOW Touch, layar jam tangan ponsel GSM ini touch screen. Bisa disentuh dengan ujung kuku, walaupun agak sulit karena layarnya yang sempit. Bisa juga—dan memang ini yang sebaiknya dilakukan—disentuh dengan stylus khusus yang tersimpan di sisi kanan badan jam. Kendati tetap pendek, ukuran stylus-nya kini lebih gemuk sehingga lebih enak dipegang.

Yang juga berbeda dan terlihat menonjol pada WOW Touch adalah hadirnya keypad pada tali jam. Ya, di tali jam adalah bagian yang lebih lebar. Di sana kita akan melihat 12 tombol berjajar rapi dalam tiga kolom. Susunannya persis seperti pada keypad ponsel. Keypad ini akan menyala (backlit) ketika layar jam disentuh.

Keypad ini sungguh membantu dalam mengetik SMS. Tidak perlu mengeluarkan stylus. Tidak perlu menajamkan mata untuk mengepaskan stylus pada huruf-huruf pada keyboard virtualnya. Tinggal tekan tombol-tombol yang ada.

Bagi mereka yang lincah mengetik SMS tanpa perlu memperhatikan keypad (blind SMS), keypad ini pasti menyenangkan. Namun repot bagi mereka masih harus memperhatikan tuts saat mengetik pesan. Saat jari-jemari tangan kanan/kiri menekan tombol demi tombol, pergelangan tangan kiri/kanan harus berkali-kali dimiringkan untuk melihat apa saja yang terketik di layar.

Ada hal lain yang juga berbeda pada WOW Touch. Di tali ‘seberang’ keypad tampak sebuah lingkaran hitam yang agak timbul. Namun yang menarik adalah segitiga metal di atasnya. Ketika kita memutarkan musik MP3, segitiga ini akan menyala bergantian merah dan hijau seirama musik. Ini mengingatkan InfoKomputer pada ponsel lawas Motorola E398 yang bagian sisinya dapat menyala warna-warni saat memutarkan musik atau menerima panggilan.

Satu lagi: tersedia FM radio tuner di sini. Untuk mendengarkan lagu, tidak perlu pasang earphone, karena suara akan disalurkan via speaker di panel atas jam. Suaranya kencang, tetapi kualitas suara siaran yang ditangkap sangat tergantung dari lokasi. Touch menyediakan tempat untuk menyimpan 9 kanal radio FM.

Yang juga baru di sini adalah kapasitas kartu microSD yang bisa diterima. Menurut distributornya, Touch bisa menerima microSD 4GB. Kartu inilah yang akan disertakan untuk pembelian Touch. Namun versi uji yang kami terima hanya mengemaskan microSD 1GB.

O ya, seperti m808 Big Fsh, ponsel ini memiliki fasilitas kamera. Setelan kamera pun, seperti white balance, pencahayaan, dan efek gambar, tersedia. Namun menurut kami, hasil bidikan kamera kurang baik. Gambar terlihat noisy. Karena kamera yang agak menepi di lingkaran jam, agak sulit memantau hasil bidikan di layar saat memotret.

Di luar hal-hal baru di atas, Touch identik dengan m808 Big Fish. Ponsel ini mengemaskan fungsi MP3 player, image viewer, video player, video recorder, sound recorder, dua game, kalendar, alarm, kalkulator, To-Do list, stopwatch, ebook reader, world clock, unit converter dan currency converter. Dukungan Bluetooth dan WAP pun tersedia.

Ponsel jam WOW Touch ini besar dan terlihat agak genit dengan aksen metal di bagian depan. Tidak semua bagian bermetal itu berfungsi sebagai pemanis, karena yang bagian atas sebenarnya merupakan speaker. Dibandingkan versi-versi terdahulu, Touch paling lengkap fasilitasnya, nyaris selengkap ponsel GSM multimedia ‘konvensional’. Cocok bagi mereka yang ingin ponsel yang berbeda.

Ponsel ini datang dengan dua batere Li-On 3,7V 500mAh dan satu charger eksternal. Baterenya butuh waktu sekitar 1 jam 12 menit untuk diisi penuh via jala-jala listrik. Dan terkuras habis dayanya jika digunakan memutar musik MP3 nonstop via speaker eksternal pada volume maksimal dalam tempo 2 jam 15 menit. Untuk video, dalam percobaan kami, batere bertahan lebih lama: 3 jam 19 menit. (Wiwiek Juwono-InfoKomputer)

Plus: Multifungsi; keypad; radio FM; dua batere; Bluetooth headset.
Minus: Mini stylus beresiko tercecer; kualitas kamera kurang; tidak waterproof; tali jam kaku; agak sulit cabut kartu SIM/microSD; tutup batere ringkih.