Senin, 09 Februari 2009

X-Ware Legacy X-4481


Agak aneh juga saat kami melihat tampang notebook X-Ware seri Legacy X-4481 ini untuk pertama kali. Pasalnya, notebook ini mengingatkan kami pada produk serupa dari pabrikan MSI. Seperti X-Ware memang dibuat oleh pabrikan OEM milik MSI sehingga desainnya pun nyaris serupa. Ini mudah dikenali lewat icon lingkaran di bagian tengah cover notebook yang juga muncul pada notebook MSI seri PR.

Legacy X-4481 merupakan satu dari 6 model notebook terbaru yang ditawarkan X-Ware. Jika ditilik, notebook ini diposisikan sebagai produk elegan untuk kebutuhan kerja. Penampilan fisik seri Legacy memang terkesan serius dan rapi, sayangnya sebagian besar bahan luarnya agak licin dipegang. Legacy X-4481 memiliki layar 13,3 inci dengan teknologi Crystal Glare yang membuat layarnya terlihat enak dilihat mata. Namun bobotnya mencapai 2,2 kg, yang tergolong berat untuk notebook kelas 13,3 inci.

Untuk mendukung aktivitas komputasinya, Legacy X-4481 memanfaatkan prosesor Intel Core 2 Duo T8100 dan memori DDR2 berkapasitas 2GB. Fasilitas koneksi pun cukup lengkap meliputi USB, VGA-out, Express Card, dan juga HDMI. Bahkan telah disedikan port untuk kabel antena TV digital (DVB) meski belakangan kami ketahui fasilitas tersebut ternyata masih bersifat opsional. TV tuner internal baru tersedia secara built-in pada seri Qrystal. Oh ya, notebook ini kurang pas untuk mereka yang suka video editing karena port FireWire ternyata lenyap meski sebagian besar camcorder sekarang juga dapat mentransfer sama baiknya lewat koneksi USB.

Dalam segi ergonomis kami tak memberikan banyak kritik karena hampir semua kenyamanan terjawab baik. Tombol keyboard dan shorcut memberi respon yang enak pada jari kecuali tombol pada touchpad justru agak keras ditekan. Di antara tombol touchpad ini tersembul fasilitas fingerprint sebagai pengamanan ekstra yang kini biasa muncul pada notebook untuk bisnis. Sedikit kekurangan juga muncul pada lampu indikator notebook yang terlalu berdekatan sehingga menyulitkan kami membedakan lampu status untuk batere dengan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth.

Secara kinerja, komponen yang digunakan Legacy X-4481 ideal digunakan untuk aplikasi berbasis prosesor seperti Office. Namun karena menggunakan chip grafis onboard Intel GMA X3100, notebook ini memang tidak terlalu bagus untuk menjalankan game kelas berat. Dukungan batere 8-cell sangat membantu daya tahan notebook hingga sekitar 3-4 jam sehingga cocok untuk Anda yang sering bekerja di luar ruangan. Kelebihan lain notebook ini muncul lewat masa garansi nasional hingga 2 tahun (termasuk servis dan suku cadang), sehingga sedikit menepis keraguan terhadap merek X-Ware yang memang kurang terdengar. (Deny Prasetyo-InfoKomputer)

Plus : Dilengkapi fasilitas fingerprint dan HDMI; daya tahan batere lama; Masa garansi 2 tahun.

Minus: Casing licin; tanpa FireWire; layar tak bisa dibuka 180o.

Hasil Pengujian

Bermodalkan prosesor generasi terbaru dan RAM 2GHz, Legacy X-4481 dari X-Ware memberikan kinerja yang memuaskan. Kemampuan grafis X3100 hanya setengah dari GeForce 8400M sehingga kurang andal untuk game 3D, namun rata-rata aplikasi berbasis prosesor berjalan mulus di sini. Satu poin keunggulan X-Ware didapat lewat daya tahan batere yang cukup lama untuk notebook sekelas.